Berani Traveling Antimainstream Di Belitung? Siapa Takut!

576

Budi Setiadi – Kepulauan Bangka Belitung memang terkenal dengan tempat yang eksotis. Namun tahukah kamu ternyata di sana masih banyak tempat yang eksotis tapi masih belum terjamah oleh banyak orang? Dan mungkin sebagian traveler juga belum pernah ke tempat tersebut. Tapi pertanyaannya apakah kamu berani traveling antimainstream di Belitung?

Ketika kamu merencanakan traveling ke Belitung, ada alternatif yang bisa kamu pilih yaitu ikut open trip, share cost, atau backpackeran. Apapun yang kamu pilih, gak jadi masalah kok. Yang penting kamu tahu dan sudah buat itinerary nya mau kemana aja selama trip ke Belitung. Tapi biasanya kebanyakan traveler hanya mengetahui destinasi yang sudah sering dikunjungi banyak orang atau yang sedang hits saat ini. Bahasa lainnya biar bisa “kekinian”.

Baca: Harus Berani Traveling Sendirian!

Tapi bagi saya pribadi, saya lebih menyukai perawan. Ops, maksudnya tempat yang masih perawan atau yang belum diketahui banyak orang. Biasanya sebelum traveling ke suatu tempat, saya selalu cari tahu dulu tempat apa saja yang menarik dan tentunya masih sepi atau belum ramai. Bukan apa-apa, karena kalau ramai gitu nanti gak puas menikmati tempat wisatanya. Intinya gak bisa foto di spot yang bagus, karena kalau rame biasanya harus ngantri.

Satu lagi, destinasi wisata yang masih tersembunyi biasanya akses nya sulit dan cukup berbahaya. Tapi bagi yang menyukai traveling antimainstream sih gak terlalu mempedulikan. Yang paling penting adalah bisa sampai ke tempat tersebut. Sebuah kepuasan tersendiri jika bisa sampai kesana. Ngomong-ngomong, apakah kamu sudah tau destinasi yang extreme di Belitung? Ini dia tempat yang harus kamu kunjungi:

Open Pit

Open Pit adalah salah satu tempat peninggalan hasil penambangan timah di Belitung, lebih tepatnya terletak di daerah Kelapa Kampit. Namun penambangan tersebut sudah berhenti sejak tahun 1990-an.  Jadi tempat ini tidak lagi dijadikan sebagai area tambang aktif, karena sudah lama tidak difungsikan lagi. Tapi dari hasil penambangan tersebut, area ini menjadi sangat indah sekali. Ini dia bukti keindahannya:

traveling antimainstream di open pit belitung 2 1024x576 - Berani Traveling Antimainstream Di Belitung? Siapa Takut!
Open Pit Ki Karak

Tidaklah mudah untuk mencapai ke Open Pit, karena kamu harus tracking sekitar 15 menit untuk mencapainya. Jalur trackingnya pun cukup menantang, karena kamu akan melewati batuan yang yang teksturnya tidak rata dan jika hujan batuan tersebut cukup licin untuk dilalui. Perlu ekstra hati-hati setiap melangkah, dan pilih lah jalur yang tidak terlalu licin.

Sebenarnya tempat ini bukanlah destinasi untuk wisatawan yang dikelola oleh pemerintah, tapi bagi traveler yang mempunyai jiwa extreme harus coba mengunjunginya sebagai pengalaman traveling antimainstream di Belitung. Walaupun tempat ini cukup sulit dilalui, banyak sekali orang melakukan shooting di tempat ini, seperti buat foto pre-wedding. Dan kebetulan, ketika saya datang kesini, ada yang sedang foto pre-wedding (asli bikin baper).

traveling antimainstream di open pit belitung 1 1024x576 - Berani Traveling Antimainstream Di Belitung? Siapa Takut!
Open Pit Ki Karak

Saya merasa beruntung sekali bisa mengunjungi Open Pit di Belitung. Padahal tempat ini tidak ada di dalam itinerary lho, tapi karena bingung mau kemana lagi explore Belitung Timur, jadilah kita diajak kesini. Mungkin sebagian traveler yang pernah trip ke Belitung belum pernah datang ke sini bahkan belum tahu. Menurut saya, tempat inilah yang paling indah dari semua tempat yang saya kunjungi di Belitung.

Niagara Gurok Beraye

Belitung sangat terkenal dengan keindahan dan keskotisan pantai dan bebatuannya, tapi tak disangka ternyata Belitung punya air terjun yang yang angat menarik. Namanya adalah Niagara Gurok Beraye. Bagi traveler wajib datang ke tempat ini.

Sebelum pergi ke Belitung, jujur saja destinasi ini sudah masuk ke dalam itinerary saya. Jadi wajib hukumnya untuk bisa datang ke sini. Lokasi Niagara Gurok Beraye ini tidak terlalu jauh dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke tujuan. Tapi karena nyasar, saya sampai ke sana sekitar 1,5 jam.

Air Terjun Niagara Gurok Beraye Belitung
Air Terjun Niagara Gurok Beraye

Air Terjun atau Niagara Gurok Beraye terletak di gunung Tajam. Untuk mencapai kesana sebaiknya menggunakan motor saja, karena daerahnya rawan longsor dan ada jalan yang sulit dilalui mobil akibat longsor tersebut. Dari parkiran motor yang tersedia di sana, cukup jalan kaki saja untuk mencapainya dan jaraknya gak terlalu jauh.

Baca: Apa Uniknya Pantai Tanjung Pendam Belitung?

Kalau mau lihat yang lebih indah lagi, perlu tracking lagi ke atas air terjun tersebut. Di atas sana, kamu bisa lihat sumber aliran air terjun itu berasal (gurok atas), jembatan, dan makam Syech Abubakar Abdullah. Tapi saya hanya ke gurok atas dan jembatan saja.

Air Terjun Niagara Gurok Beraye Belitung
Jembatan di Gurok Beraye

Untuk mencapai gurok atas, perlu tracking dengan jalur yang cukup sulit dan licin. Karena bebatuan di sana dipenuhi oleh lumut. Pokoknya harus extra hati-hati melewatinya agar tidak terpeleset dan jatuh. Ditambah lokasinya pun sangat sepi bahkan gak ada orang sama sekali yang terlihat di sana.

Setelah tahu tempat antimainstream yang ada di Belitung, apakah kamu berani untuk mengunjunginya? Pokoknya gak akan rugi deh kalau datang ke Opn Tip dan Niagara Gurok Beraye. Jika ingin pergi ke sana, sebaiknya menggunakan sandal atau sepatu gunung ya agar saat trackingnya bisa lebih aman.

84 COMMENTS

  1. Wah, bakalan terasa eksotis kalo berkunjung tapi masih sepi dan belum diketahui banyak orang.

    • Wah keren juga bisa kesana.. kalau ke air terjunnya better Ada temen ya, Karena sepi bangetttt

  2. wah bisa dimasukin di list tempat yang harus dikunjungi saat ke Belitung nih.
    thanks infonya, mas

    • Silahkan, kalau bisa bawa kamera yang hasil jepretannya kece yaaa, biar fotonya lebih keren lagi..

  3. Tapi gambar air terjunnya kurang menarik. Kurang terjun gitu…

    • nanti di update lagi gambarnya,, masih cari stok foto dulu. Makasih masukannya 🙂

  4. Hmmm coba lihat 2 atau 3 tahun lagi. Ga akan perawan lagi. Tapi terima kasih sudah berbagi ya Mas Budi. Seperti Nusa Penida 4 tahun lalu. Sekarang resort sudah menjamur.

  5. Hwaaaa ini nih baru lokasinya yg cuma bisa digapai sama orang yg “niat”… Ishhh thanks bang! Smwanya blom pernah tau 😹

    Dan yg open pit bagus gitu ada sawah n gunung viewnya..kukira pantai only klo udh ngomongin Belitung

    • Tips nya cari daerah yang mau di explore dengan detail apa aja yang bagus disana, terus buat itinerary nya. Dan ketika sampai di sana, usahakan datangi tempat2 sesuai itinerary. Kalau beruntung, bisa menemukan tempat bagus diluar itinerary dari penduduk lokal. Itu sih yang saya lakukan kalau traveling gitu.
      Semoga ada kesempatan ke Belitung dan mengunjungi Niagara Gurok Beraye dan Open Pit nya yaaa… 🙂

  6. Sebenernya dimana-mana ada tempat eksotis, cuma kita aja yang harus lebih eksplore, dan g harus jauh dan mahal, sungai di belakang rumah, pantai yg belum terjamah, atau pojokan komplek mungkin dengan sudut pandang tertentu akan menjadi eksotis, tetap menjelajah…

    • Betul, tapi saat ke belitung, ingin rasanya explore tempat yang lainnya juga. Saya pun juga masih suka explore tempat-tempat eksotis di dekat rumah kok, nantikan artikelnya yaaa 🙂

  7. Destinasi yang sangat menarik, tapi btw antimainstream nya itu disebelah mananya ya?

    • Menurut saya antimainstream nya di lokasinya. Biasanya kan kalau ke Belitung hanya explore hopping island dan sekitaran replika SD Laskar Pelangi. Sedangkan ke tempat ini masih sedikit yang tahu.

  8. Ternyata banyak wisata tersembunyi lainnya selain yang sudah tenar sebelumnya.

    • Langsung cus ke belitung, langsung ambil rute antimainstream nya ke belitung timur

  9. Ekstremnya terbalas dengan pemandangan indah ya Bang.. keren..

    • Ayo segera wujudkan traveling ke Belitung, dan wajib dateng kesini yaaa biar merasakan keindahannya..

  10. Ebuseeet air mengalir gitu disebut Niagara? Hahahaha… Ga cobain hiking ke puncak gunungnya, Bang? Seru lho. Di atas puncaknya ada makam keramat.

  11. Petualang sejati nih…
    Suka tempat yg sepi jarang dikunjungi.
    Awas ntar beralih jadi petapa lg hehe

    • Hahahaha, lebih enak ke tempat yang sepi gitu sih karena bisa bikin seger ajaaa..
      Kalau ke tempat rame gitu malah suka pusing…

  12. Apakah mungkin, mengunjungi dua spot ini dalam satu hari , Kak? Soalnya belum pernah ke Belitung, jadi tetep harus ngejar yang mainstream… Hehehe… Nice info, btw. 👍👍

    • Kalau hanya kedua tempat ini bisa dalam satu hari, tapi lebih baik 2 hari gitu.. Nanti saya share gimana kegiatan saya selama disana bedasarkan harinya ya 🙂

  13. Eksotis dan alami semoga tetap terjaga kelestariannya.
    Bisa sampai enggak ya kesitu?

    • iya masih eksotis.. Tapi kalau wekkend gitu katanya rame sih disana.
      Bisa sampai kesana kok…

  14. Pengen bgt ke belitung, dan ternyata banyak bgt tempat yg harus bgt dikunjungi kesana.. untung ga jauh

    • Semoga bisa segera kesana ya dan eksplore tempat2 lainnya juga, biar bisa sharing 🙂

  15. Tuty prihartiny

    Mas budi terimakasih informasinya… Sudah beberapa kali ke Belitung, tapi baru tahu kalau ada destinasi tersebut…

    • Sama2..
      Wah udah sering ke Belitung ya? Sekali2 cobain datang ke dua tempat itu ya… 🙂

    • Nah kalau ke laskar pelangi kan udah biasa, kalau ke tempat ini antimainstream banget deh..

    • hahaha, belitung banyak banget yang bagus2, kemaren pun belum semua dikunjungi…

  16. Semakin sulit dicapai, semakin bagus pemandangannya. Hasil ga mengkhianati usaha. Nice info, nanti kalau ke Belitung boleh lah dicoba nih

    • Woaaahh bener banget,, kalau mba ke Belitung cobain dateng kedua tempat tersebut yang mba 🙂

  17. Open pit di situ yang dulu si Ikal laskar pelangi suka main itu bukan ya mas, hehehe

  18. Pernah ke Belitung, tapi ya nggak sampe ke sini-sini. Kayaknya harus nyoba, nih.

    • Wah sayang mba kalau gak kesini.. Next cobain kesini yaaa.. Dan kalau bisa sama rombongan, jangan sendirian banget kaya saya pas ke Gurok beraye 😀

  19. Wah beneran antimainstream nih, mantabb dan niat banget, bang 👍👍👍

    • Aksesnya mudah kok, bisa pakai motor atau mobil. Paling tracking sedikit kalau ke Open Pit mah..

    • hahaha iya aneh gitu, saya aja kalau nanya ke penduduk lokal harus buak catatan untuk menyebutkan nama2nya..

  20. Wow itu sepi banget tempat2nya.. tapi kadang emang menantang sih kalo ketempat2 yang gak dikenal orang.. trus ada kebanggaan sendiri gitu kalo berhasil kesana

    • Sepi banget di sana. betul banget, kalau berhasil sampai kesana, ada rasa bangga yang luar biasa tersendiri.. Ada info tempat seperti ini gak di daerah lain? Need info, hehehe

  21. Saya pun sebetulnya lebih suka solo travelling. Cuma belum punya banyak kesempatan untuk ke tempat-tempat wisata yang jarang orang kunjungi.

  22. belitung.. salah satu destinasi yang kepengen banget dikunjungin.. lucky u are kaaa bsa merasakan sensasi yang cem itu ..

    • Sejujurnya, dari semua destinasi yang ada di Belitung, 2 tempat inilah yang membuat saya puassss…
      Next cobain datang ke sini yaaa 🙂

  23. Aduh jadi pengen foto prewed di sana *eh hahaha

    anyway nice info ka…

    • Amiinn.. keren juga foto prewed di sini, kemaren liat yang prewed bikin baper banget dehh

  24. destinasi yang belum sempat banget. dulu gagal kesini.. kesel

  25. Biasanya, jalan yang sulit akan berujung indah. Dan ungkapan ini berlaku di tempat yang jarang terjamah ini ya, keren!

  26. Noted bgt nih tempatnya buat pulkam nanti. Padahal org Belitung sendiri byk yg blm tau tempat ini. Btw, BPJ pernah ke lolam di pinggir tebing loh di Belitung, gak tau apa namanya cuma lihat foto temen2 BPJ aja

  27. Keren, belom pernah berpetualang seperti itu. Jadi kepengen.

  28. Sebenernya aku agak kurang suka dengan wisata yang hits kayak gitu, tapi kenapa pas baca artikel ini malah jadi penasaran yah hahaha. Sepertinya aku harus balik lagi ke belitung sekalian mampir ke open pit

    • Wah iya menurutku wajib ke sini sih kalau ke Belitung. Sensasinya beda banget dehh..

  29. Bener-bener anti mainstream. Bikin penasaran nih. Mudah2an nanti bisa ke Belitung lagi

  30. Barusan ke Open Pit, masuk ke guanya dan dapat penjelasan dari guide lokal.Menarik sekali.
    Kalau Ngarainya belum, mungkin lain kali.Masih banyak tempat bagus untuk dijelajahi di Belitung, terutama Belitung Timur dan Selatan.

    • Wah mantap. Bisa masuk ke guanya? Waktu itu Saya gak pakai guide sih, mau masuk tapi gak berani. Boleh dong di share foto-fotonya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here