Pengertian Apa Itu Startup

Sebenarnya apa itu startup? Mungkin masih banyak yang belum tahu dan bertanya-tanya pengertian apa itu startup? Jujur pada awalnya pun saya juga bingung, namun setelah bekerja di startup saya pun jadi mengerti. Mengerti karena setelah berkecimpung di dunia startup.

Istilah startup diambil dari bahasa Inggris yang artinya adalah suatu bisnis yang baru di mulai atau berjalan. Dengan kata lain pengertian startup adalah perusahaan yang baru dirintis. Perusahaan seperti ini merupakan perusahaan baru didirikan dan belum lama beroperasi, serta masih dalam penelitian untuk menemukan target pasar yang jelas dan tepat. Tujuannya agar perusahaan tersebut bisa berjalan dalam jangka panjang.

Baca: Perkembangan Startup Di Indonesia

Saat ini, startup identik dengan perusahaan yang menggunakan digital dalam pelaksanaannya. Di mana startup tidak akan jauh dari yang namanya teknologi, web, dan internet. Lalu kenapa identik dengan digital?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita coba flashback mengenai fenomena startup. Startup mulai booming di seluruh dunia pada saat munculnya buble dot-com. Apa itu buble dot-com? Buble dot-com mulai viral pada tahun 1998-2000 di mana banyak perusahaan dot-com mulai dibentuk secara serempak atau bersamaan.

Pada era itu, banyaknya perusahaan yang membuat website dengan domain dot-com. Semakin banyak orang yang mengetahui lebih dalam dunia internet, semakin sadar mengenai peluang bisnis baru. Sejak saat itulah, startup lahir dan berkembang dan menjadi fenomenal.

Kembali ke pengertian apa itu startup, startup bukanlah perusahaan yang bergerak dibidang teknologi, internet, dan aplikasi saja. Namun startup adalah perusahaan baru yang masih perlu pengembangan untuk produk atau jasa nya. Intinya startup ini membantu untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di sekitar kita atau mengembangkan peluang yang ada guna menciptakan masyarakat atau keadaan yang jauh lebih baik. Dengan banyaknya startup yang bermunculan, besar harapannya adalah bisa mengurangi permasalahan besar yang dihadapi banyak orang dan menciptakan peluang atau kualitas hidup yang mandiri dan lebih maju. Dengan kata lain, munculnya startup bisa menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *