Perkembangan Startup Di Indonesia

Perkembangan Startup di Indonesia saat ini sangat menggembirakan, bisa dikatakan perkembangannya sangat pesat. Setiap tahun banyak sekali founder Startup yang bermunculan dan meningkatkan angka pertumbuhan Startup. Melihat pengguna internet di Indonesia yang semakin tinggi, maka menjadi peluang besar untuk mendirikan sebuah Startup.

Baca: Pengertian Apa Itu Startup?

Berdasarkan hasil survey APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai angka 132,7 juta. Sebanyak 52,5% didominasi oleh pengguna laki-laki dan sebanyak 47,5% adalah perempuan. Berdasarkan lokasi, pulau Jawa merupakan pulau yang paling mendominasi pengguna internet. Sebanyak 65% di dominasi oleh pulau Jawa. 15% pulau Sumatera, 6,3% Sulawesi, 5,8% Kalimantan, 4,7% Bali & nusa, dan 2,5% Papua. Dari hasil survey tersebut bisa dibayangkan seberapa pesat angka pengguna internet di tahun mendatang. Hal ini dapat mempengaruhi tingkat daya beli masyarakat di mana bisa mengikuti tren industri digital.

Perkembangan Startup di Indonesia yang paling menarik yaitu di bidang e-commerce, informasi, jasa, game, dan edukasi. Startup game dan aplikasi edukasi mempunyai peluang pasar yang signifikan, karena banyak sekali penggunanya. Namun tidak menutup peluang bagi Startup lainnya juga, karena dengan adanya kemudahan yang disediakan oleh layanan tersebut membuat pengguna nyaman dan ingin selalu menggunakan layanan yang tersedia.

Melihat angka pertumbuhan pengguna media sosial dan smartphone, pasar untuk aplikasi pun semakin tinggi. Dan banyak Startup pun sudah mulai menggunakan atau menambahkan aplikasi untuk menikmati layanan yang di sediakannya. Hal ini berarti bahwa Startup di bidang apa pun masih mempunyai peluang yang cukup besar.

Selain itu, dengan berkembangnya Startup di Indonesia di dukung dengan adanya komunitas para founder dan inkubator Startup. Hal ini sangat berguna sekali untuk mengembangkan Startup, di mana para founder bisa sharing atau berbagi pengalaman, ilmu, dan networking. Lalu, dengan adanya inkubator, para founder Startup bisa lebih mudah untuk mendapatkan dana, karena bisa bertemu dengan para investor. Selain itu, para founder juga bisa mengikuti kompetisi yang diadakan oleh beberapa perusahaan besar untuk menjadi investor mereka. Oleh karena itu, ini adalah salah satu langkah agar seorang founder atau sebuah Startup bisa tumbuh dan maju.

Untuk bisa membuat sebuah Startup, hal yang paling utama adalah tim yang solid. Dengan adanya tim yang solid maka tim tersebut bisa meberikan atau memunculkan ide-ide yang brilliant, kreatif dan inovatif. Adanya ide baru dan eksekusi yang tepat, maka para founder tidak akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan pasar dan investor.

Dalam membangun Startup yang sukses itu tidak semudah yang kita pikirkan. Karena pada kenyataannya banyak sekali Startup yang gagal. Namun kegagalan dalam membangun Startup bukanlah sesuatu yang negatif karena dari kegagalan tersebut, para founder bisa belajar dan mendapatkan pengalaman berharga.

Besar harapan saya, semoga Startup-Startup lokal Indonesia bisa bertambah dan berkembang terus sehingga bisa bermanfaat untuk banyak orang. Selain itu juga bisa mengatasi masalah yang banyak dihadapi masyarakat, baik lokal maupun Internasional.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *