Budi Setiadi – Bagi umat muslim, momen yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya adalah Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Di momen ini cukup melekat  yang namanya mudik atau pulang kampung. Agar bisa kumpul bersama keluarga di kampung halaman, simak tips jitu berburu tiket kereta api buat mudik Lebaran.

Bagi orang yang merantau karena bekerja ataupun menempuh pendidikan di luar kota yang jaraknya jauh dari kampung halaman, momen Lebaran lah yang paling dinanti. Keinginannya untuk bertemu dan berkumpul bersama keluarga tercinta, membuat kebanyakan orang berusaha keras agar rencananya dapat terlaksana. Namun, saat momen Lebaran tiba, beberapa harga di pasaran bisa melonjak tinggi, apalagi tiket kereta api dan pesawat. Selain harganya yang bisa tinggi, kuota untuk mendapatkan tempat duduk pun terbatas. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempersiapkannya jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan tempat duduknya. Buat kamu yang terbiasa mudik menggunakan kereta api, berikut cara jitu berburu tiket kereta api untuk mudik lebaran:

  1. Cari Tahu Jadwal Tiket Kereta Api Mulai Dibuka

Jauh sebelum mudik, hal pertama yang harus dilakukan yaitu cari tahu tanggal dibukanya tiket kereta api, agar kamu bisa mendapatkannya. Biasanya tiket kereta api sudah bisa dipesan H-90 sebelum Lebaran tiba. Coba lihat di kalender perkiraan jatuh tanggal berapakah Hari Raya Idul Fitri. Dari sini, kamu bisa memperkirakan H-90 hari tersebut. Biasanya, tanggal pemesanan tiket kereta api pun akan diumumkan serentak oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) jauh-jauh hari sebelum dibuka pemesanan tiketnya.

2. Berburu Tiket Kereta Api Secara Online

Tips jitu berburu tiket kereta api untuk mudik lebaran yang kedua adalah beli tiketnya secara online. Jika sudah tahu tanggal mulai dibukanya pemesanan tiket secara online, sebaiknya kamu berburu tiket di hari pertama. Dan pastikan kamu standby sebelum pukul 00.00, karena di waktu terebut orang lain pun berburu tiket yang sama. Kadang membuat website PT KAI nya pun error, sehingga tidaak bisa diakses.

Sebelum itu, kamu juga perlu menyiapkan alat tempurnya berupa laptop, smartphone, modem, dan kuota internet agar bisa mengakses secara online. Kamu bisa membukan web via laptop dan aplikasi PT KAI. Jika web error, siapa tau di aplikasi tidak error, sehingga kemu berpeluang mendapatkan tiket kereta api buat mudik lebaran nanti. Selain web dan aplikasi resmi PT KAI, kamu bisa memesan dari web dan aplikasi partner PT KAI lainnya.

3. Pastikan Uang di Kartu Debit/Kredit Cukup

Nah sebelum berburu tiket kereta api, sebaiknya pastikan dana atau uang kamu cukup untuk melakukan pesan tiketnya. Penggunaan kartu debit dan kredit sangatlah membantu kamu ketika sudah berhasil booking tiketnya. Setelah berhasil booking, kamu harus segera membayarnya agar tiket bisa kamu miliki. Percuma jika sudah berhasil booking tapi kamu menunda pembayaran sampai batas waktu yang telah ditentukan. Sayang sekali kan jika kamu sudah berburu tiket bersusah payah berburu tiket tapi akhirnya nihil, karena kelupaan membayar atau melanjutkan transaksinya sampai selesai. Jatah tiket kamu keburu diambil orang. Jika sudah selesai dan berhasil melakukan semua transaksinya, maka tiket yang kamu incar sudah menjadi milik kamu.

Bagaimana sudah paham bagaimana tips jitu berburu tiket kereta api buat mudik Lebaran? Cara ini bisa kamu terapkan ketika akan berburu tiketnya. Intinya kamu harus mencari tahu jadwal kapan tiket kereta api nya sudah mulai dibuka, beli tiketnya secara online, dan pastikan uang kamu di kartu debit/kredit cukup. Itulah cara yang bisa saya share, agar kamu bisa mudik dan berkumpul bersama keluarga tercinta. Selamat berburu dan bisa mendapatkan tiketnya ya.