Budi Setiadi – Pernah gak kamu lihat temanmu sering banget jalan-jalan? Padahal tampilan dia itu biasa aja, gak terlihat mewah ataupun glamor. Tapi anehnya kenapa dia bisa sering jalan-jalan gitu? Nah coba saya cari tahu dan ternyata dia itu suka traveling ala backpacker, sehingga dia tahu bagaimana tips dan trik traveling murah alias hemat. Yuk simak cara agar bisa traveling hemat.

Siapa sih yang gak mau jalan-jalan? Pasti hampir semuanya ingin sekali liburan, apalagi bagi yang sibuk bekerja. Pasti butuh refreshing agar tubuh tetap fit dan pikiran bisa lebih fresh atau jernih. Namun ketika long weekend atau libur panjang tiba, kadang suka berpikir “waduh mau liburan kemana ini? Kalau pergi liburan duit bisa habis, kalau mau hemat ya mending tidur-tiduran di kamar aja”. Apalagi kalau tanggal tua, kebanyakan memilih liburan hanya di rumah aja, biar gak ngabisin uang. Nah harus kamu ketahui ternyata ada cara traveling hemat lho yaitu dengn cara backpacker.

Baca: Sensasi Baru, Trip Ke Pulau Burung

Inilah tips dan trik ala backpacker agar bisa traveling murah:

Cari Teman

Inilah tips yang pertama agar kamu bisa traveling hemat. Pergi bersama teman bisa mengurang dana saat kamu traveling, karena selama perjalanan kamu bisa berbagi pengeluaran. Misalnya biaya penginapan/hotel, sewa kendaraan, makanan, dan lain-lainnya. Apalagi bagi kamu yang suka kuliner, kamu bisa berbagi makanan dengan menu yang berbeda, karena kamu bisa saling icip-icip makanannya.

Hubungi Kenalan

Hal yang paling menguntungkan adalah memiliki kenalan atau teman di berbagai daerah. Karena ketika kamu pergi kesuatu tempat, bisa jadi ikut menginap di rumah temanmu. Selain itu juga, temanmu bisa memberi tahu tentang rute dan transportasi ke tempat yang kamu ingin kunjungi. Jadi bisa membantu agar tidak tersesat di sana. Namun, andaikan temanmu belum bisa memberikan tumpangan untuk menginap, minimal kamu bisa bersilaturahmi dengannya. Karena silaturahmi dapat memperpanjang umur dan memperluas rejeki.

Pilih Penginapan Yang Murah

Ini salah satu tips hemat traveling yaitu pilih penginapan yang murah. Selain murah juga harus memilih lokasi yang aman. Biasanya backpacker memilih penginapan yang khusus untuk backpacker, seperti satu kamar dapat diisi oleh banyak orang. Pada umumnya satu kamar bisa diisi oleh 8 orang atau lebih. Namun, kalau ingin menginap lebih murah lagi kamu bisa cari “rumah singgah”. Rumah singgah ini biasanya tidak dikenakan biaya alias gratis. Tapi ada beberapa rumah singgah yang memberikan syarat agarb bisa menginap di sana dengan menukarkan minimal satu buah buku. Nantinya buku tersebut akan disumbangkan ke taman baca.

Hindari Traveling Di Akhir Pekan

Sebenarnya paling enak liburan itu pas weekend atau libur panjang. Tapi resikonya adalah harga atau biayanya bisa lebih mahal. Karena pada umumnya di hari libur, tempat wisata, penginapan, dan tempat penyewaan lainnya menaikkan harga. Namun, bagi kamu yang bisa atau mempunyai jatah cuti, bisa jadi alternatif untuk traveling di hari biasa atau weekdays. Sehingga biaya traveling kamu bisa hemat.

Buatlah Rencana

Rencana adalah hal yang angat vital ketika kamu traveling. Ini salah satu cara agar kamu tidak kehabisan ide mau pergi kemana lagi atau mengunjungi tempat wisata apa lagi dan dan mengindari kehabisan uang saat traveling. Daftar rencana yang telah dibuat memaksa kamu untuk mengikuti aktivitas atau jadwal kegiatan selama di sana. Rencana traveling yang baik minimal membuat daftar wisata dan rincian biaya dan pengeluaran.

Baca: Mengintip Bidadari Di Pulau Peucang Ujung Kulon

Bawa Uang Receh

tips trik traveling murah dan hemat 2 1024x768 - 7 Tips Traveling Murah Dan Simpel
Uang Receh

Pada umumnya, uang receh adalah sesuatu yang bisa diremehkan, tapi saat traveling uang receh menjadi penting. Uang receh berguna ketika kamu ingin menggunakan toilet umum dan membantu saat beli sesuatu di warung atau minimarket saat tidak ada kembalian. Coba hitung ada berapa banyak uang rece kamu di kamar, dan kumpulkan untuk traveling nanti.

Perjalanan Malam

Perjalanan di malam hari adalah salah satu cara untuk meminimalisir budget traveling. Kamu akan tidur di dalam kendaraan seperti bus, kereta, kapal, dan pesawat sehingga kamu tidak perlu lagi untuk sewa penginapan. Namun yang perlu diperhatikan adalah  buatlah senyaman mungkin selama perjalanan malam agar ketika sudah tiba di tempat tujuan, kamu tidak mengantuk dan bisa melakukan trip sesuai rencana.

Ternyata kamu sudah bisa traveling murah kok seperti teman kamu yang backapacker, asalkan mengikuti tips dan trik traveling murah dan simpel ini ya. Hal yang perlu diperhatikan ketika ingin traveling hemat adalah cari teman, hubungi kenalan, pilih penginapan yang murah, hindari traveling di akhir pekan, buat rencana, bawa uang receh, dan perjalanan di malam hari. Gimana, sudah siap untuk traveling?