Budi Setiadi – Sudah pernah traveling ke Belitung dan mengunjungi pantai Tanjung Pendam? Pasti tahukan keindahannya. Buat yang belum dan baru berencana trip ke Belitung, perlu tahu ada apa saja di sana? Simak selengkapnya yuk.

Pantai Tanjung Pendam terletak di pusat kota Belitung. Aksesnya pun sangat mudah untuk dikunjungi, karena letaknya yang berada di Tanjung Pandan. Lokasinya tidak jauh dari icon Belitung yaitu Batu Satam. Dari icon tersebut, hanya perlu sekitar 5 menit untuk tiba di Tanjung Pendam.

Baca: 5 Pulau Eksotis Untuk Hopping Island Di Belitung

Pantai Tanjung Pendam terkenal dengan sunset nya. Sudah pasti jika ingin datang kesini sebaiknya di sore hari. Tapi, sayangnya saya datang ke sini di pagi hari. Sehingga tidak bisa menikmati sunset khas Tanjung Pendam. Walaupun tidak bisa menikmati sunset nya, setidaknya sudah pernah datang kesini ya, karena belum lengkap jika ke Tanjung Pandan tidak datang ke Tanjung Pendam.

tanjung pendam belitung
Tanjung Pendam Belitung

Alasan kenapa saya datangnya pagi hari karena di siang hari teman saya harus ke Bandara untuk kembali lagi ke Jakarta. Jadi kita datangnya pagi agar tidak ketinggalan pesawat. Yang penting bisa datang kesini. Di pagi hari, pantai ini terlihat sangatlah sepi, karena pengunjung biasanya datang di sore hari. Jadi wajar saja jika sepi.

pantai tanjung pendam Belitung
Suasana Pantai Tanjung Pendam

Lebih dari itu, pantai ini cukup bagus dan bersih. Mungkin karena sudah dikelola dengan baik, jadi pantai ini cukup terurus. Harga tiket masuk ke pantai ini pun murah yaitu sebesar Rp. 3.000,- saja. Sangat murah untuk menikmati keindahan sunset nya. Selain bisa menikmati sunset, kamu bisa juga bersantai-santai di sini. Banyak tempat asyik untuk bersantai bahkan ada tempat wifi juga. Jadi bisa internetan sambil bersantai di pinggir pantai. Seru banget sih.

Setelah dirasa cukup bersantai di pantai ini, saya melanjutkan kulineran dengan mencicipi kopi dan mie khas Belitung. Hal itulah yang ditunggu-tunggu saat traveling ke Belitung. Setelah kulineran, saya antar teman saya ke Bandara untuk kembali ke Jakarta. Setelah itu, dilanjutkan keliling Belitung ke tempat yang belum saya kunjungi sendirian menggunakan motor.

Baca: Pantai Penyabong, Destinasi Cantik Di Belitung

Tak terasa sudah semakin sore saya keliling Belitung, namun saya masih penasaran dengan sunset khas pantai Tanjung Pendam, akhirnya saya kembali lagi kesana. Setelah sampai, ternyata alam pun tak mendukung untuk melihatnya, karena cuaca nya mendung. Alhasil, saya tetap tak bisa melihat sunset nya. Tapi daripada kecewa, saya coba cari tempat yang asyik di dekat sini, dan saya pun menemukannya. Di seberang pantai, ada beberapa cafe dan tempat nongkrong. Saya pikir gak ada salahnya nongkrong di salah satu cafe, karena selama di Belitung tidak pernah ke cafe, maklum sibuk keliling saja.

Tarsius Coffee Tanjung Pendam Belitung
Tarsius Coffee di Tanjung pendam Belitung

Akhirnya saya berhenti di depan sebuah cafe namanya Tarsius Coffee. Tempatnya unik dan sangat nyaman. Selain itu, harga menu di sini termasuk murah. Bayangkan saja, harga kopi saja Rp. 13.000,- sangatlah jauh dibandingkan dengan harga Jakarta. Cukup  kaget sih, karena awalnya berpikir pasti mahal untuk bisa menikmati menu di cafe yang pas pinggir pantai. Ternyata tidak sama sekali.

Dari semuanya, yang pada awalnya ingin menikmati sunset pantai Tanjung Pendam ternyata tidak berhasil, tapi saya tetap bisa menikmati indahnya pantai tersebut ditambah bisa nongkrong di sebuah cafe yang menarik dan harganya gak bikin kantong jebol. Buat kamu yang akan liburan ke Belitung, silahkan datang ke pantai Tanjung Pendam di sore hari, dan malamnya bisa nongkrong di Tarsius Coffee.