Cara Mudah Menjadi Travel Blogger

78
cara mudah menjadi seorang travel blogger indonesia

Kamu mau gak bisa jalan-jalan tapi bisa dapat penghasilan? Pastinya mau kan. Nah salah satu caranya adalah menjadi travel blogger. Sudah banyak kok yang sukses dari profesi ini. Sebelum melangkah jauh, kamu harus tahu cara mudah menjadi travel blogger.

Travel blogger adalah seseorang yang mengisahkan, menceritakan, menuliskan atau mengabadikan momen perjalanannya ke dalam suatu media berupa blog/website. Atau bisa dikatakan juga travel blogger adalah seorang penulis di blog yang fokus menulis tentang perjalanan dan pengalamannya dalam mengarungi suatu tempat.

Pada sejatinya, seorang travel blogger bisa membagikan pengalamannya dengan tujuan untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi banyak orang. Menurut saya, seorang travel blogger tentunya bisa menginspirasi banyak orang untuk lebih mencintai dan menjaga alam.

Sekarang, sudah banyak dari kita yang menjadi travel blogger Indonesia. Mereka ada yang sudah lama terjun ke dunia blogging dan ada yang baru juga. Tapi, kalau kamu ingin menjadi seperti mereka, bisa kok. Cara untuk menjadi seorang travel blogger bisa dikatakan mudah. Begini caranya:

1. Bangung Personal Branding

cara mudah mejadi sorang travel blogger indonesia

Cara pertama untuk menjadi seorang travel blogger yaitu harus memiliki personal branding. Personal branding ini maksudnya adalah ciri khas. Jadi ketika kamu menjadi seorang travel blogger, kamu harus mempunyai ciri khas. Ciri khas ini menjadi sebuah identitas diri yang dikenali banyak orang.

Ciri khas seperti apa yang harus dimiliki? Jawabannya banyak. Bisa dari tulisan, foto, video, caption di akun media sosialnya, atau apapun. Contoh tulisannya bisa terkesan lucu dan bikin ketawa, atau tulisan yang menginspirasi pembacanya.

Baca: Rahasia Sumber Penghasilan Travel Blogger

Intinya kamu bisa memulai membuat personal branding sesuai dengan passion kamu atau hal unik yang ada di dirimu. Kamu harus bangun personal branding-mu sedemikian rupa agar setiap orang yang melihat profil kamu, mereka bisa tahu apa uniknya kamu.

2. Tentukan Nama Blog Kamu

cara mudah menjadi seorang travel blogger indonesia

 

Untuk memulai menjadi travel blogger, kamu harus menentukan nama blog. Buatlah nama blognya yang mudah dibaca, diingat, dan menarik. Kamu bisa membuat nama kamu sendiri, nama panggilan, atau namanya yang kocak. Beriktut tips menentukan nama blog:

  • Gunakan nama yang antimainstream

Sudah banyak travel blogger yang memiliki namanya unik. Dan kamu, jangan salah pilih nama karena ini menentukan masa depanmu (agak lebay ya? Hehe). Travel Blogger Indonesia ada yang menggunakan nama panggilan ditambahkan dengan kata “travel” atau lainnya dibelakang nama tersebut. Contohnya ada yang menggunakan nam budi travel, anu traveler, dan lain sebagainya, tapi itu terlalu mainstream.

Nah kamu harus coba membuat dengan nama yang seunik mungkin. Jika sulit menemukan nama yang unik, kamu menggunakan nama sendiri juga boleh kok. Contohnya saya sendiri juga menggunakan nama lengkap “Budi Setiadi”. Alasan saya sih sederhana, ketika orang mencari nama nama saya bisa lebih mudah dan cepat ketemu.

  • Buang jauh-jauh nama dengan tanda baca

Agar pembaca mudah menemukan dan mengingat kamu, sebaiknya hindari nama yang menggunakan tanda baca. Karena hal tersebut membuat orang sulit membaca dan mengingat namanya. Selain tanda baca, hindari juga penggunaan angka, contohnya budi-travel008. Cukup sulit mengingatnya kan? Sebaiknya hidari itu.

3. Saatnya Membuat Website

tips menjadi seorang travel blogger indonesia

Jika kamu ingin menjadi sorang travel blogger, website adalah sesuatu yang wajib kamu miliki. Iya dong, karena website atau blog ini menjadi media informasi tentang kisah perjalanan kamu yang kamu bagikan berupa tulisan, foto, atau video.

Sebelum membuat website, kamu harus tahu apa saja yang harus dipersiapkan. Dua hal yang harus kamu ketahui dan miliki untuk membuat sebuah blog yaitu domain dan hosting. Bagi yang belum tahu apa sih domain dan hosting, berikut penjelasannya:

  • Domain

Domain adalah sebuah identitas dari website, atau lebih singkatnya adalah nama dari sebuah website. Ibarat handphone, domain adalah merk handphone tersebut. Kamu bisa menggunakan domain yang gratis ataupun berbayar.

Memangnya domain ada yang gratis ya? Jawabannya ada. Jika kamu mau menggunakan domain yang gratis, kamu bisa pakai blogspot.com, wordpress.com, .tk, atau yang lainnya. Kalau domain yang berbayar, kamu bisa menggunakan domain yang berakhiran .com, .net, .info, dan lain sebagainya.

  • Hosting

Hosting adalah sebuah wadah atau tempat untuk menyimpan data-data website agar data tersbut bisa diakses secara online. Data yang ada pada website berupa script/aplikasi, foto, video, email, dan database.

Ibarat Handphone, hosting ini adalah memori handphone tersebut yang mana bisa menyimpas semua file-file yang dibutuhkan agar handpohone kamu bisa bekerja dengan baik. Kebayang kan kalau kamu tidak mempunyai hosting, semua file kamu akan di simpan di mana? Tanpa adanya hosting, website kamu tidak ada apa-apanya.

Sudah paham kan tentang apa itu domain dan hosting beserta fungsinya? Sekarang kamu bisa memilikinya dengan cara membeil di penyedia layanan yang menjual tersebut. Banyak kok penyedia layanan yang menjual domain dan hosting, biasanya mereka menjual secara terpisah dan ada yang paket sekaligus.

Jujur saja, blog saya ini menggunakan layanan dari Niagahoster. Kenapa saya memilih penyedianya Niagahoster? Alasananya adalah karena mereka menjual layanan secara paket, yaitu bisa beli hosting beserta domainnya sekaligus. Ditambah lagi domainnya dapat gratis lho selama saya berlangganan menggunakan layanannya.

4. Belajar Menggunakan Website

belajar menggunakan website travel blogger

Bagi orang awam, membuat sebuah website itu adalah hal yang paling tersulit. Tapi menjadi seorang travel blogger tak harus ahli membuat website kok. Banyak travel blogger Indonesia juga tidak bisa membuat website sendiri.

Alternatif untuk membuatnya bisa dengan meminta tolong ke teman, saudara, atau orang yang kamu kenal. Selain itu, bisa juga menggunakan jasa pembuat website. Tapi, jika kamu ingin belajar membuat website sendiri jauh lebih baik.

Hal yang paling penting adalah ketika kamu sudah punya website, kamu bisa menggunakannya dengan baik. Minimal kamu bisa menggunakan untuk posting artikel, video, foto, dan lainnya. Urusan design websitenya, bisa diserahkan ke yang lain. Jadi gak usah pusing dalam masalah pembuatan website.

5. Buat Konten Berkualitas

tips cara mudah menjadi seorang travel blogger indonesia

Nah kalau kamu sudah punya website dan bisa menggunakannya, saatnya membuat konten berkualitas. Seperti apa sih konten yang berkualitas itu? Jawabannya, konten yang dibuat oleh diri sendiri. Kamu harus membuat tulisan original, foto hasil jepretan sendiri, atau buat video hasil karya sendiri.

Pertanyaannya kalau kamu gak punya foto hasil jepretan dan buat video sendiri bagaimana dan ditambah lagi tidak punya peralatan foto dan videografi yang profesional? Banyak jalan menuju Roma. Kamu gak usah pusing dengan hal tersebut. Kamu bisa membuat konten yang isinya tips dan trik tentang traveling, informasi tentang tempat wisata, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga gak harus punya perlalatan yang seperti profesional, cukup gunakan smartphone saja kamu sudah bisa mendapatkan foto dan membuat video sendiri.

Alternatif lainnya, untuk membuat konten berkualitas coba kamu keluar rumah dan lihat di sekitar kamu, pasti ada suatu hal yang bisa kamu bagikan kedalam blog. Itu artinya kamu sudah bisa membuat konten berkualitas. Bahkan konten kamu akan sangat berbeda dengan travel blogger lainnya.

Kalau hanya sekedar menceritakan tentang sekitar rumah, apakah menarik? Buang jauh-jauh cara berpikir seperti itu. Hal yang menarik bagi kamu, belum tentu menarik bagi orang lain, begitu juga sebaliknya. Intinya kamu sudah membuat konten yang bisa membagikan informasi di sekitar kamu.

Siapa tahu suatu saat akan ada orang yang mencari informasi tentang daerah sekitar kamu, mereka membaca dan mendapatkan hal yang menarik dan bermanfaat dari blog kamu. Jadi blog kamu bisa bermanfaat pastinya.

6. Optimasi Website

tips cara menjadi seorang travel blogger indonesia

Setelah website kamu sudah komplit, kamu juga perlu mengoptimalkan website mu. Tujuannya yaitu agar website kamu bisa ditemukan oleh banyak orang di mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dan lainnya. Masa iya sudah susah-susah membuat blog tapi blognya tidak bisa ditemukan banyak orang, percuma dong.

Salah satu cara optimasinya adalah dengan teknik SEO (search engine optimization). Tidak harus menjadi seorang ahli SEO untuk bisa mengoptimasi blog mu, tapi minimal tahu kosep dasarnya. Setlah tahu konsep SEO, kamu coba terapkan untuk blog mu.

Baca: Tips Liburan Hemat Sesuai Budget

Satu lagi, dalam dunia perwebsite-an, hal yang wajib dilakukan adalah blo kamu harus dikaitkan ke Google Analytics. Tujuannya agar kamu tahu seberapa optimal kah blog nya di mesin pencari. Kamu akan mendapatkan banyak informasi dari Google Analytics ini, contohnya jumlah pengunjung, seberapa lama pengunjung melihat blog, konten apa saja yang banyak dibaca, dan lain sebagainya.

7. Bagikan Ke Media Sosial

cara menjadi seorang travel blogger Indonesia

Salah satu cara agar konten kamu diliat atau dibaca banyak orang yaitu sebarkan ke media sosial, contohnya facebook, twitter, instagram, g+, dan lainnya. Jika kamu memiliki media sosial, sudah pasti kamu punya teman kan. Teman di media sosial itulah yang pertama bisa kamu jadikan target pembaca. Jika kamu memiliki teman yang banyak, berarti ada kemungkinan konten kamu dilihat banyak orang.

Dari satu teman saja, kemungkinan teman kamu juga membantu bagikan kontennya ke teman-teman dia lainnya. Jadi satu audience akan mendapatkan banyak audiences lagi.

Satu tips untuk membagikan konten yaitu lakukan setiap kali ada postingan baru. Gunakan kalimat yang santai dan menarik orang untuk membaca lebih lengkapnya pada caption potingannya. Contohnya seperti berikut ini:

tips cara menjadi travel blogger indonesia - Cara Mudah Menjadi Travel Blogger

Selain posting konten atau tulisan, kamu juga bisa membagikan konten berupa foto dan video yang lucu agar audience kamu menyukai dan bisa selalu mengikuti apa yang kamu posting.

Itulah tips dan cara mudah menjadi seorang travel bloger. Memang tak mudah untuk menjadi seorang yang sukses, karena semuanya butuh proses. Travel blogger yang sukses pun membutuhkan waktu yang cukup lama ampai mereka menikmati hasilnya. Mereka juga hampir sama melewati prosesnya yaitu membangun personal branding, menentukan nama blog, membuat website, belajar cara menggunakan website, membuat konten yang berkualitas, optimasi website, dan membagikan kontennya melalu media sosial yang mereka miliki.

Kini saatnya kamu menjadi seorang travel blogger yang sukses. Jika kamu sudah yakin, maka saya pun yakin kamu akan sukses. Tetap semangat! Budi Setiadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here