Danau Hijau Wakadobol, Fenomena Alam Buatan Yang Sangat Unik

121
danau hijau wakadobol wisata di bandung barat cimahi

Kalau kamu pergi liburan ke Bandung, ada baiknya coba explore daerah sekitarnya. Karena di sekitar Bandung banyak tempat-tempat yang tak kalah indah juga lho. Salah satunya kamu bias coba pergi ke daerah Bandung Barat, di sana ada danau hijau yang unik, namanya Wakadobol.

Danau hijau Wakadobol adalah sebuah danau buatan yang memiliki air berwarna hijau. Awalnya danau ini tidak ada sama sekali, namun seiring adanya aktivitas manusia, danau ini barulah terbentuk. Danau tersebut terbentuk karena adanya penambangan pasir dan batu.

Anehnya lagi, air yang muncul di danau ini bukanlah berwarna biru seperti danau Kaolin yang ada di Belitung maupun danau biru yang ada di Cisoka. Itulah salah satu keunikan dari danau ini.

Baca: Kandang Godzilla Di Cisoka, Tangerang Banten

Selain warna yang unik, nama danaunya juga sangat unik dan antimainstream. Wakadobol itu dari bahasa Sunda, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu waka artinya jangan dulu, dan dobol artinya jebol atau bolong. Jika digabungkan menjadi “jangan dulu bolong atau jebol”.

Konotasinya agak negatif ya. Tapi jika dikaitkan dengan arti positifnya yaitu jangan dikeruk terus, nantinya bisa habis dan takutnya bisa sampai bolong. Karena adanya aktivitas penambangan, mungkin harus ada batasannya agar alam nya tidak rusak.

Keunikan Danau Wakadobol

danau hijau wakadobol wisata di bandung barat cimahi budi setiadi

Salah satu keunikan danau ini yaitu  memiliki air yang berwarna hijau. Air tersebut kemungkinan memiliki kandungan besi dan asam tambang karena adanya aktivitas penambangan.

penambangan di danau hijau wakadobol wisata di bandung barat cimahi
Alat yang digunakan untuk penambangan
Alat penambangan di danau hijau wakadobol wisata di bandung barat cimahi
Alat yang digunakan untuk penambangan

Selain warnanya unik, Keindahan danau ini akan terlihat lebih indah jika kamu melihatnya dari dataran yang lebih tinggi. Ditambah lagi kamu akan melihat daratan yang dipenuhi batu dan kerikil, serta adanya pemandangan bukit yang berwarna coklat yang dihiasi dengan tumbuhan berwarna hijau. Bagi saya, itulah keunikan dari danau hijau Wakadobol.

 

danau hijau wakadobol wisata di bandung barat cimahi
Foto bareng om Andi, salah satu traveler yang hobi naik gunung

danau hijau wakadobol wisata di bandung barat cimahi

Kamu juga bisa berfoto di area pinggir danau. Ada spot yang bagus untuk berfoto ditempat yang ada rumputnya. Kamu akan merasa sedang berada di sebuah padang rumput di musim panas, karena rumputnya tidak berwarna hijau.

padang rumput di danau hijau wakadobol wisata di bandung barat cimahi
Berasa lagi di padang rumput

Baca: Taman Mahkota Ratu, Wisata Baru Yang Hits Saat Ini

Yang perlu diperhatikan ketika berada di sini adalah dilarang mandi atau minum air danau, karena cukup berbahaya. Bisa jadi karena adanya kandungan asam sehingga pengelola area sini melarangnya. Ada tulisan bahwa dilarang untuk mancing dan mandi di danau.

Rute Menuju Danau Wakadobol

Danau Wakadobol terletak di Desa Giri Asih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Tak usah dikhawatirkan untuk menuju ke sana, karena akses lokasinya sangat mudah di jangkau.

Jika naik kendaraan umum, dari terminal Leuwi Panjang bisa naik angkutan kota (angkot) yang jurusan Cimahi. Karena lokasinya itu ada diantara Bandung dan Cimahi. Agar tidak nyasar, bisa tanya ke supirnya untuk bisa mengantar ke lokasi dengan tepat, atau kamu juga bisa menggunakan GPS sebagai pemandu kamu.

Untuk sampai di lokasinya, saya menyarankan lebih baik menggunakan sepeda motor karena agar lebih mudah ketika parkir. Sebenarnya kendaraan roda empat pun bisa, tapi karena area ini adalah pertambangan jadi agak riskan membawa mobil pribadi ke tempat ini. Banyak kendaraan besar (proyek) yang ada di sana.

Satu tips lagi, kalau kamu mau datang ke sana, sebaiknya perhatikan cuaca ya. Karena kalau hujan, agak kurang bagus untuk dapat fotonya seperti saya kemaren. Saat saya kesana dipertengahan jalan hujan dan di lokasinya juga mendung. Jadi, foto-foto di sana kurang maksimal. Mungkin kalau cuacanya terang bisa dapat foto-foto yang bagus.

Gimana seru kan kalau kamu bisa mengunjungi danau Wakadobol? Bayangkan saja, dari sekian tempat wisata yang ada di Bandung, saya lebih memilih tempat ini karena keunikannya. Pertama dengar namanya saja, saya langsung tertawa. Jadi, kamu mau kapan datan ke sana? Budi Setiadi

6 COMMENTS

  1. Sudah terbuka untuk umum ?
    Atau butuh ijin khusus kalau mau kesana ?

    • Kemaren sih dari security nya bilang udah di tutup (gak boleh). Tapi ada karyawan situ yang ngebolehin buat kesana.

  2. Luas-lebarnya berapaan, Bro? Kedalamannya? Saya penasaran juga, kalau danau buatan ada ikannya nggak ya? Hehe 😀

    • Wah gak ada keterangannya tuh, jadi kurang tahu berapa luas dan kedalamannya itu danau. Bisa aja ada ikannya, manusia juga di “buat” kan.. hehehe

  3. Agak kontradiktif ya, kan danaunya ada kandungan asamnya. Ini kan berarti gak ada makhluk hidup termasuk ikannya. Tapi kok ada tulisan dilarang mancing. Emang mau mancing ikan apa? Wkwkwkwk

    • wah bener juga ya. mungkin dipikirnya kalau di laut ada ikan asin, kalau di api ada ikan bakar, mungkin di danau itu ada ikan asam. hehehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here