Budi Setiadi – Kalau trip ke Belitung, alangkah puasnya ketika mengunjungi tempat-tempat yang masih sepi dikunjungi wisatawan atau masih belum terjamah orang. Kenapa? Karena kita bisa meikmati keindahan alam yang masih alami. Salah satunya belum ada kerusakan akibat campur tangan manusia. Salah satu tempat yang saya eksplore di Belitung adalah pantai Tanjung Genting.

Setelah mengeksplor pantai Penyabong, saya melanjutkan ke tempat yang belum terjamah banyak waisatawan yaitu Tanjung Genting. Dari pantai Penyabong jaraknya tidaklah terlalu jauh. Tapi untuk mencapai ke sana, aksesnya masih sangat sulit. Jalan yang masih belum di aspal, hanya tanah dan batuan yang cukup besar membuat pengendaranya kewalahan (kesulitan) untuk mengemudinya. Salah ambil jalan saja, bisa-bisa kendaraan kamu rusak.

Baca: Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Saat Traveling

Saya sendiri untuk mencapai Tanjung Genting mengendarai mobil pick up atau losbak yang dikendarai oleh tour guide orang Belitung. Merekalah yang mengetahui tempat ini, sehingga saya pun bisa menginjakkan kaki ke sini. Hmmm, saya merasa beruntung sekali bisa mengunjungi tempat ini. Keeksotisan pantainya membuat jatuh hati padanya. Ingin rasanya saya berlama-lama untuk bermain di sini, ya minimal 2 jam sudah cukup. Tapi ternyata saya hanya diberikan waktu sekitar 15 menit saja. Karena kita harus melanjutkan perjalanan ke tempat berikutnya.

explore belitung pantai tanjung genting 3 1024x768 - Saatnya Explore Belitung Ke Tanjung Genting
Menikmati keindahan batu di Tanjung Genting

Tanjung Genting sendiri memiliki pasir yang tidak terlalu banyak, hanya beberapa meter saja pasir putih yang terhampar di sana. Hanya ada bebatuan yang sangat besar menemani pantainya, dan ada beberapa perahu nelayan yang digunakan oleh nelayan untuk mencari ikan.

explore belitung pantai tanjung genting 2 1024x768 - Saatnya Explore Belitung Ke Tanjung Genting
Perahu nelayan di Tanjung Genting

Warna air lautnya jika dipandang dari pinggir pantai tidak lah berwarna biru yang begitu indah, dan jika dibandingkan dengan pantai lainnya yang adai di Belitung masih kalah keindahan warna air lautnya. Tapi ketika saya melihat batuannya, pantai ini terasa luar biasa indahnya. Batuan yang ada di sini berbeda juga dari pantai lainnya, bahkan untuk menikmati keindahan batuannya saya harus menaiki batu tersebut. Namun harus ekstra hati-hati menaikinya karena struktur bebatuannya ada yang licin dan kasar. Salah menginjak saja, bisa-bisa kamu terluka.

explore belitung pantai tanjung genting 4 1024x768 - Saatnya Explore Belitung Ke Tanjung Genting
Pasangan yang saling tolong-menolong karena batuannya cukup licin
explore belitung pantai tanjung genting 5 1024x768 - Saatnya Explore Belitung Ke Tanjung Genting
Berfoto di batuan besar di Tanjung Genting

Tidak ada ruginya mengunjungi Tanjung Genting, karena kamu bisa tahu lebih kalau Belitung itu sangat Indah. Mengunjungi tempat-tempat yang belum terkenal adalah hal yang luar biasa. Bisa dijadikan pengalaman sendiri, bahkan bisa dijadikan cerita untuk anak cucu kita nanti. Jadi, buat kamu yang sudah merencanakan traveling atau pergi trip ke Belitung, ada baiknya mengunjungi Tanjung Genting ini.