Inilah Daftar Cuti Tahun 2018. Siapkan Jadwal Liburanmu Sekarang!

76
Daftar Liburan Cuti Tahun 2018

Budi Setiadi – Halo sobat apa kabar mu? Semoga sehat dan sukses selalu ya. Bagaimana tahun 2018 mu? Pastinya ingin menyenangkan bukan? Nah tahukah kamu, tahun 2018 ini bisa disebut tahun jalan-jalan atau traveling. Buat yang suka jalan-jalan, maka tahun inilah tahun emas nya karena banyak sekali tanggal merah yang pas untuk liburan. Tapi buat kamu yang jarang berpergian, alangkah baiknya tahun ini kamu pergi berlibur dengan jalan-jalan. Catat ya tanggal yang pas buat liburan kamu.

Sudah siap traveling? Yuk persiapkan sebaik mungkin agar kamu bisa merasa puas travelingnya, karena kamu bisa mengambil jatah cuti kerja yang singkat tapi bisa liburan lama. Berikut daftar tanggal merah untuk cuti tahun 2018:

1 Januari : Tahun Baru 2018

Sudah menjadi umum liburan awal tahun ini, karena tanggal 1 pasti tanggal merah. Namun tahun baru 2018 jatuh pada hari senin, berarti untuk menikmati libur lebih lama, kamu bisa ambil jatah cuti tanggal 2. Tapi jika sayang dengan mengambil jatah cuti diawal tahun, kamu bisa ambil di tanggal liburan lainnya. Tanpa mengambil cuti tanggal 2, kamu masih bisa menikmati liburan cukup lama, yaitu hari sabtu, minggu, sampai senini. Sudah cukup kan?

16 Februari : Tahun Baru Imlek

Apa yang spesial di bulan februari? Pasti tahu dong dengan hari valentine tanggal 14 Februari? Nah di tahun ini ada yang lebih spesial, karena setelah hari valentine ada libur panjang yaitu tanggal 16 Februari. Tanggal tersebut jatuh di hari Jum’at yaitu hari libur tahun baru Imlek. Kamu bisa ambil cuti 15 atau 19 Februari. Ambil jatah cuti sehari saja, kamu bisa liburan 4 hari. Lumayan kan?

17 Maret 2018 : Hari Raya Nyepi

Hari raya nyepi kali ini jatuh pada hari sabtu, jadi liburan kali ini tidak mendapatkan waktu lama. Buat kamu yang menyukai kesunyian, kamu bisa pergi ke Bali, karena diperayaan Nyepi ini, masyarakt Bali biasanya merayakan dengan tidak keluar rumah dan suasana sekitar pun menjadi sunyi. Buat yang menyukai keramaian, sebaiknya pilih tempat liburan selain Bali.

30 Maret : Wafat Isa Al Masih

Libur tanggal 30 Maret 2018 jatuh di hari Jum’at. Ini berarti kamu bisa traveling cukup lama, yaitu 3 hari tanpa mengambil jatah cuti kamu. Jika terasa masih kurang, kamu bisa ambil cuti di hari kamis atau senin untuk bisa berlibur selama 4 hari.

14 April : Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Tanggal merah kali ini jatuh pada hari Sabtu, artinya kamu hanya bisa liburan 2 hari. Jika kamu ambil jatah cuti, sayang banget karena tidak bisa libur lebih lama. Bagi umat Islam, sebaiknya liburan kali ini di isi untuk merayakan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, biasanya di masjid-masjid merayakan acara ini. Isra Mi’raj ini biasanya diadakan dengan meriah, karena memiliki makna dan momen penting bagi umat Muslim.

1 Mei : Hari Buruh

Satu lagi hari libur yang cukup panjang di tahun 2018 ini yaitu tanggal 1 Mei. Libur yang jatuh di hari selasa ini bisa dikatakan liburan yang sangat lama. Kamu ambil cuti di hari senin tanggal 20 April saja bisa menikmati liburan selama 4 hari, yaitu hari sabtu, minggu, senin, dan selasa. Jika ingin lebih lama lagi, kamu bisa ambil cuti sebanyak 2 hari di hari Jum’at atau Rabu. Cukup menggiurkan ya?

10 Mei : Kenaikan Isa Al Masih

Setelah liburan lama di liburan hari buruh, kamu bisa liburan panjang lagi. Yeaayyy… Di tanggal 10 Mei jatuh hari kamis berarti kamu bisa mabil cuti di hari Jum’atnya dan kamu bisa libur 4 hari. Enak kan kalau bisa ambil cuti lagi?

29 Mei : Hari Waisak

Tanggal 29 Mei 2018 jaruh pada hari Selasa. Ini berarti kamu bisa mengambil cuti di hari Senin dan kamu bisa merasakan libur panjang selama 4 hari dengan mengambil 1 jatah cuti kamu saja. Bulan Mei ini bisa dikatakan puncak liburan di tahun 2018, bisa dilihat ada 3 minggu yang bisa liburan panjang. Nah pertanyaannya adalah apakah kamu bisa diizinkan mengambil cuti di bulan Mei lebih banyak oleh atasanmu? Semoga bisa ya agar bisa jalan-jalan lebih banyak dan lama. Semoga atasan kita baik-baik dan mengizinkan ya.

1 Juni : Hari Kesaktian Pancasila

Tanggal 1 Juni 2018 jatuh pada hari Jum’at bisa ambil cuti atau pun tidak ambil cuti, karena libur kali ini mendekati lebaran. Mungkin liburan kali ini dipakai buat belanja kali ya, karena kan mau lebaran atau sudah dapet THR. Karena momen lebaran gini, banyak sekali diskon-diskon bertebaran di mana-mana. Jadi pilihan mau liburan ataupun belanja, kamu bisa pilih sendiri ya.

13 – 14 Juni: Cuti Bersama Lebaran

Nah di tanggal ini lebih tepatnya jatuh pada hari Rabu – Kamis, biasanya orang-orang sudah pada mudik ke kampung halamannya. Jadi liburan ini lebih tepat digunakan untuk ke kampung halaman aja ya.

15 – 16 Juni : Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri merupakan momen terpenting bagi umat Muslim, dan inilah waktu libur paling panjang di setiap tahunnya. Karena pad sebelu dan sesudah Hari Raya Idul Fitri ada cuti bersama. Namun bagi umat non Muslim, waktu liburan ini bisa digunakan untuk jalan-jalan, karena durasinya sangat lama. Manfaatkan hari libur mu sebaik mungkin.

18 – 19 Juni : Libur Bersama Lebaran

Masih dalam suasana lebaran, gunakan waktu liburan kali ini karena masih ada cuti bersama. Ya bisa dikatakan libur yang paling panjang, karena di mulai tanggal 13 sampai dengan 19 Juni 2018. Bagi yang masih punya banyak jatah cuti dan masih kurang liburnya, bisa digunakan di waktu ini.

17 Agustus: Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Nah siapa yang gak tahu libur tanggal 17 Agustus? Setiap tanggal tersebut pasti tanggal merah karena merupakan hari Kemerdekaan RI kita. Dan lebih enaknya juga tanggalnya jatuh di hari jum’at. Berarti long weekend, dan bisa dipake buat libura juga. Lumayan kan liburan hari jum’at sampai dengan minggu. Mau dipakai liburan kemana dan dengan siapa nih?

22 Agustus : Hari Raya Idul Adha

Libur kali ini tanggal 22 Agustus jatuh di hari Rabu, tepatnya liburan Idul Adha. Kamu bisa juga ambil cuti 2 hari, yaitu senin dan selasa, atau hari kamis dan jum’at. Kamu bisa merasakan libur seperti lebaran. Buat yang sudah menikah, tahun ini bisa juga mudik di 2 keluarga besar. Lebaran bisa mudik ke rumah orang tua, Idul Adha bisa mudik ke rumah mertua, atau sebaliknya. Jadi punya banyak waktu silaturahmi dan kumpul keluarga. Ingat, pesan tiketnya jauh-jauh ya, karena takut kehabisan.

11 September : Tahun Baru Islam 1440 H

Liburan tahun baru Islam 1440 H jatuh pada hari Selasa, tanggal 11 September 2018 ini, kami bisa ambil cuti di hari Senin. Dengan begitu kamu bisa libur panjang selama 4 hari, yaitu Sabtu, Minggu, Senin, dan Selasa. Kamu harus manfaatkan dan buat rencana di liburan ini. Sudah punya rencana mau liburan kemana dan dengan siapa? Kamu juga boleh hubungi saya buat ajak liburan lho. Silahkan hubungi saya di sini.

20 November : Maulid Nabi Muhammad SAW

Libur tanggal 20 November kali ini jatuh hari Selasa, artinya ambil cuti 1 hari bisa libur panjang. Kamu bisa ambil cuti di hari Senin dan bisa berlibur selama 4 hari. Berhubung libur tanggal ini dalam rangka memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW, alangkah baiknya mengunjungi daerah yang memiliki tradisi unik dalam memperingatinya. Kamu bisa melihat dan merasakan tradisi tersebut secara langsung, dan bisa jadi mendapatkan pengalaman menarik dalam sejarah hidup kamu.

24 – 25 Desember : Cuti Bersama dan Libur Natal

Nah ini dia cuti akhir tahun yang ditunggu-tunggu. Berhubung hari Natal jatuh pada hari Selasa, dan Seninnya cuti bersama, sebaiknya sisakan jatah cuti liburan kamu untuk bulan Desember ya, karena kamu bisa liburan setahun. Maksudnya liburan dari akhir Desember sampai tahun baru di bulan Januari. Cukup ambil cuti 3 hari, yaitu tanggal 26 – 28 Desember kamu bisa liburan selama 11 hari. Liburan 11 hari cukup kan buat refreshing? Jika masih kurang dan jatah cuti kamu masih ada, silahkan gunakan sebaik mungkin jatah cutinya.

Gimana sudah tahu kan jadwal liburan selama tahun 2018? Sudah siapkah untuk menikmati liburannya? Kamu bisa membuat rencana dan memperhitungkan anggaran liburannya dari sekarang. Selain itu perlu juga memikirkan liburan bersama siapanya, baik teman, keluarga, shabat, pacar, tunanga, atau pasangan hidup. Tapi, kalau kamu mau ajak saya juga bisa. Silahkan hubungi saya di sini ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here