Menikmati Uniknya Padang Savana Cidaon Ujung Kulon

83
Open Trip Share Cost Ke Padang Savana Rumput Penggembalaan Cidaon Ujung Kulon Banten

Budi Setiadi – Tahukah kamu di sebelah barat Taman Nasional Ujung Kulon  memiliki hamparan padang rumput yang sangat luas? Padang Penggembalaan Cidaon adalah namanya. Padang ini memiliki keunikan tersendiri. Apa aja keunikan dari Padang Savana Cidaon Ujung Kulon?

Ketika kamu mengunjungi Padang Penggembalaan Cidaon ini, kamu akan menjumpai padang rumput yang sangat luas dengan warna hijau yang membuat matamu terpana akan keindahannya. Di sana juga terdapat spot untuk berfoto di Menara Padang Penggembalaan Cidaon. Menera tersebut berfungsi untuk pengamatan satwa yang hidup di sana.

padang rumput savana cidaon ujung kulon pandeglang banten 1 1024x924 - Menikmati Uniknya Padang Savana Cidaon Ujung Kulon
foto di depan menara pantau

Banyak sekali satwa yang hidup di padang ini, seperti sapi, benteng, kerbau, burung merak, dan badak bercula satu. Sebenarnya yang ingin saya lihat secara langsung di sini adalah badak bercula satu. Namun saat saya mengunjungi Padang Penggembalaan Cidaon Ujung Kulon ini tidak melihat penampakan satwa-satwa tersebut, mungkin karena waktunya kurang pas saja.

padang rumput savana cidaon ujung kulon pandeglang banten 3 1024x894 - Menikmati Uniknya Padang Savana Cidaon Ujung Kulon
Tidak melihat penampakan satwa, jadi foto wanita cantik aja

Biasanya satwa-satwa tersebut bisa disaksikan mulai pukul 06.00 WIB sampai 17.00 WIB. Tapi tidak setiap waktu dapat menyaksikan penampakan mereka. Tapi jika keadaan memungkinkan dan beruntung, kamu bisa menyaksikan satwa di padang rumput Cidaon Ujung Kulon lebih dekat. Dan yang perlu diketahui adalah kamu harus tetap berhati-hati ketika menyaksikan mereka lebih dekat, karena satwa di sana masih liar. Dan sebaiknya untuk menyaksikan mereka, kamu harus berlindung di balik pohon untuk menghindari terjadinya hal-hal  yang tidak diinginkan.

Untuk menuju ke Savana di Padang Penggembalaan Cidaon Ujung Kulon, kamu bisa menempuh lewat desa Taman Jaya atau desa Sumur. Kalau saya lewat desa Sumur dan setelah itu dilanjutkan menggunakan perahu. Setelah tiba di sana, di lanjutkan dengan berjalan kaki, tidak terlalu jauh kok dari dermaganya. Tapi hati-hati juga berjalannya, karena di pinggir jalan terdapat tanaman yang daunnya tajam seperti duri. Jika kakimu terkena daun tersebut, maka akan terasa perih.

padang rumput savana cidaon ujung kulon pandeglang banten 4 1024x874 - Menikmati Uniknya Padang Savana Cidaon Ujung Kulon
Daun yang ujungnya tajam

Gimana sudah dapat gambaran mengenai Padang Savana Cidaon Ujung Kulon? Tertaik buat pergi kesana? Intinya, kamu di sana akan menikmati hijau dan indahnya Cidaon. Dan pastinya semoga saat kamu pergi ke sana bisa menyaksikan satwa-satwa liar yang ada di sana, terutama badak bercula satu khas Ujung Kulon, Banten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here