Pantai Penyabong, Destinasi Cantik Di Belitung

34
Explore Pantai Penyabong Bangka Belitung

Budi Setiadi – Belitung mempunyai banyak destinasi yang indah untuk dikunjungi, salah satunya adalah pantai Penyabong. Letaknya yang berada di Belitung Selatan, membuatnya masih belum terjamah banyak orang. Karena hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Belitung, destinasi utamanya adalah mengeksplor Belitung Timur. Banyak yang belum tahu keberadaan pantai nan cantik yang ada di Belitung Selatan.

Untuk bisa datang ke pantai Penyabong, dari pusat Kota Tanjung Pandan ambil arah ke selatan, jaraknya sekitar 70 KM. Jalanan yang beraspal baik, kendaraan yang saya gunakan bisa melaju dengan sangat kencang. Sehingga bisa lebih cepat untuk tiba di sini. Walaupun ada beberapa jalan beraspal yang terputus karena adanya pembangunan jalan baru. Waktu tempuh hingga tiba adalah sekitar 2 jam.  Jalanan yang masih sepi, bahkan rumah penduduk pun jarang ditemui membuat perjalanan tak berasa lama.

Baca: Pertama Kali Traveling Naik Pesawat, Nano-nano Rasanya!

Saya pun tak menyangka dengan keindahan pantai Penyabong. Setibanya di tempat ini, langsung melihat pantai yang memiliki pasir putih membentang dengan ditemani batuan besar menjadikan tempat tersebut semakin eksotis untuk dipandangi. Ombak yang tak begitu kencang, membuat pantai ini bisa dijadikan tempat berenang yang nyaman. Ditambah ada beberapa perahu nelayan yang menghiasi pantai Penyabong.

pantai penyabong bangka belitung 2 1024x768 - Pantai Penyabong, Destinasi Cantik Di Belitung
Perahu nelayan

Camping Pertama Kali

Mungkin sebagian dari kamu, camping adalah hal yang biasa. Tapi bagi saya ini adalah camping pertama kali dan tempatnya di pantai Penyabong. Saat sekolah dulu, saya aktif banget di Pramuka dan suka ikut camping, tapi acara Pramuka saja. Setelah itu tidak pernah lagi yang namanya camping. Pernah dapat cerita dari teman yang sering camping di pantai, katanya sih seru banget. Awalnya gak percaya masa sih bisa camping di pinggir pantai gitu? Ternyata pas ke Belitung, langsung camping di pantai Penyabong. Seru banget. Walaupun saya masih belum tahu cara pasang tendanya, karena tenda yang dipakai itu berbeda sama waktu camping Pramuka. Tapi dari sinilah saya belajar.

pantai penyabong bangka belitung 3 1024x768 - Pantai Penyabong, Destinasi Cantik Di Belitung
Tenda saat camping di pantai Penyabong

Bisa menikmati malam di pinggiran pantai adalah hal yang paling menyenangkan, apalagi tidur di sebuah tenda. Biasanya tidur di homestay atau hotel, tapi kali ini berdeda. Ditambah lagi makan malam dengan ikan bakar. Ikan yang disantapnya pun adalah ikan laut, jadi benar-benar menambah suasana lebih seru. Apalagi makannya bareng sama teman-teman. Gokil.

Menikmati Sunset Di Pantai Penyabong

Menurut saya, pantai penyabong tidak pas untuk menikmati sunset. Karena matahari terbenam bukan di ujung pantai ini. Tapi pantai ini masih bisa dinikmati untuk berfoto. Bisa berfoto di pinggir pantai sambil bermain air, di perahu nelayan (tapi harus ijin ya), atau di batuan besar khas Belitung. Foto kamu tetap keren kok

pantai penyabong bangka belitung 4 1024x768 - Pantai Penyabong, Destinasi Cantik Di Belitung
Tak dapat menikmati sunset, foto bergaya melompati batu pun keren!

Menikmati Sunrise Di Pantai Penyabong

pantai penyabong bangka belitung 5 1024x768 - Pantai Penyabong, Destinasi Cantik Di Belitung
Menikmati sunrise dari tepi pantai

Menurut saya, lebih pas menikmasi sunrise di pantai Penyabong. Di pagi hari, matahari terbit di ujung pantai ini, dan bisa melihat keindahan sunrise nya. Pas sekali untuk berfoto, ditambah lagi fotonya diatas batuan besar dan tinggi. Keren banget deh.

pantai penyabong bangka belitung 6 1024x768 - Pantai Penyabong, Destinasi Cantik Di Belitung
Menikmati sunrise diatas batu

Bagaimana tertarik untuk mengunjungi di pantai Penyabong? Atau mau cobain camping di sana? Silahkan datang ke Belitung, dan rasakan sendiri betapa indahnya negeri Laskar Pelangi tersebut. Dan semoga keindahan pantai Penyabong terus dijaga sampai kapanpun. Bagi yang datang kesana, mohon perhatikan sampahnya, buanglah sampah pada tempatnya ya. Agar generasi kita masih bisa menikmati keindahannya. Selain pantai Penyabong, masih banyak tempat yang indah lagi lho, ikuti terus cerita saya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here