Budi Setiadi – Ketika kamu ingin bepergian atau liburan, sudah pasti membawa perlengkapan sesuai kebutuhan kan. Tapi tak sedikit orang yang masih bingung apa saja sih perlengkapan yang wajib dibawa saat traveling? Berikut ini saya akan berbagi apa saja yang harus dibawa ketika traveling.

Perlengkapan adalah hal yang sangat penting untuk disiapkan sebelum traveling, karena kalau ada barang penting yang tertinggal bisa jadi pusing. Perlu diperhatikan adalah bawalah perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, barang-barang yang tidak terlalu penting justru dibawa. Padahal barang tersebut tidak digunakan saat traveling. Oleh karena itu, coba perhatikan perlengkapan apa saja yang harus dibawa saat traveling berikut ini:

Baca: 7 Tips Traveling Murah Dan Simpel

Tas Traveling

Nah ini dia perlengkapan yang paling penting yang wajib kamu bawa saat traveling. Tanpa tas, kamu akan sulit untuk membawa semua perlengkapanmu. Tapi kamu juga harus memperhatikan tas ini, karena minimal harus kuat dan nyaman saat dipakai. Coba bayangkan saja kalau tas nya gak kuat dan gak nyaman, pasti repot saat liburannya. Tas yang dipakai untuk traveling biasanya tas carrier. Kenapa harus carrier? Karena tas tersebut mempunyai ukuran yang lebih besar, sehingga perlengkapanmu bisa masuk semua.

Bagaimana kalau gak punya tas carrier? Tenang, sejujurnya saya juga gak punya tas carrier kok. Selama saya traveling, saya selalu menggunakan daypack, atau tas yang dipakai sehari-hari. Yang penting tasnya kuat dan nyaman. Tapi memang kapasitasnya sangat terbatas, tidak seperti carrier yang bisa menampung banyak. Jika travelingnya tidak lama, cukup kok pakai daypack. Tapi tergantung ukuran carrier nya juga ya. Namun, kalau kamu mau hiking atau traveling cukup lama, sebaiknya menggunakan carrier atau bisa pinjam kok. Biasanya kalau pinjam carrier itu ke anak yang hobi naik gunung atau hiking. Pada umumnya mereka punya carrier, karena tas carrier merupakan hal yang paling penting.

Tas Kecil

Selain tas carrier, tas kecil juga salah satu perlengkapan yang penting. Tas ini sangat beguna untuk menympan barang-barang berharga kamu. Apalagi ketika didalam kendaraan, tas yang berisi perlengkapan kamu bisa di simpan dalam bagasi, sedangkan barang-barang berharga milikmu selalu didekatmu dan selalu dalam pengawasanmu. Tapi kemanapun kamu pergi, sebaiknya selalu dijaga dan dipantau ya barang bawaanmu.

Kalau saya, selalu membawa tas kecil ini yang diselempangkan alias tas selempang. Ini simpel banget dibawa kemana-mananya. Dan saya memilih tas selempang yang ukurannya tidak terlalu besar, yang penting cukup untuk menyimpan dompet, powerbank, charger, dan lainnya.

Universal Adapter

Handphone (hp) adalah salah satu alat komunikasi yang sangat penting. Bagaimanapun juga dengan membawa hp kamu bisa dengan berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau siapapun yang ingin kamu kabari, dengan catatan ada sinyal ya. Bagaimana jadinya kalau baterai hp kamu habis? Pasti membutuhkan colokan listrik kan untuk menge-charge hp kamu. Lalu bagaimana kalau hanya ada satu colokan listrik tapi yang mau pakai banyak? Kebayangkan kamu harus nunggu lama. Nah dengan membawa universal adapter, kamu bisa pakai satu colokan listrik buat rame-rame. Ya sekalian berbagi. Apalagi sekarang banyak yang jual universal adapter yang bisa usb juga, jadi bisa langsung charge hp kamu hanya dengan menggunakan USB saja. Tapi saya sendiri biasanya membawa rol listrik, tapi ini terlhat jadul ya. Gak apa-apa dibilang jadul juga, yang penting bisa dipakai dan bisa sharing dengan yang lainnya.

Powerbank

Nah selain universal Adapter kamu bisa membawa powerbank. Karena powerbank bisa dibawa dan digunakan kapanpun dan dimanapun tanpa harus cari colokan listrik. Tapi sebelum traveling, sebaiknya kamu pastikan powerbank mu terisi penuh ya, agar ketika kamu membutuhkan maka bisa langsung digunakan.

Handuk Microfiber

Handuk adalah perlengkapan mandi yang perlu kamu bawa. Kecuali menginap di hotel, kamu tak perlu membawa ini. Namun sebaiknya bawa handuk saja kemana pun kamu pergi, karena suatu saat diperlukan. Handuk yang kamu bawa sebaiknya yang berbahan microfiber. Kenapa harus handuk microfiber? Karena bahan tersebut lebih cepat kering dibandingkan dengan bahan handuk lainnya, dan lebih mudah dibawa kemanapun karena bahannya lepih tipis. Sehingga tidak membuat penuh ruang tas penyimpananmu. Selain itu, handuk microfiber ini bisa digunakan sebagai selimut jika kamu kedinginan di malam hari, dengan catatan ukuran handuknya besar ya seperti ukuran 80 x 130 cm. Jadi bawalah handuk microfiber kemanapun kamu pergi ya.

Baca: Mengintip Bidadari Di Pulau Peucang Ujung Kulon

Dry Bag

Ketika kamu traveling sebaiknya membawa dry bag, fungsinya adalah untuk melindungi barang bawaan kamu seperi hp, charger, kamera, dan barang elektronik lainnya tidak terkena air. Jadi gak perlu khawatir kalau kehujanan. Selain itu juga, dry bag bisa dipakai untuk menyimpan baju basah setelah berenang.

Alas Kaki

Alas kaki adalah perlengkapan penting juga, karena perlengkapan inilah yang menemanimu setiap langkah. Alasa kaki yang bisa dipakai saat traveling yaitu sepatu dan sandal. Pilihlah alas kaki yang kuat dan nyaman ketika digunakan. Pilihlah sepatu yang bagus kualitasnya dan kenyamanannya, karena jika sepatumu tidak nyaman pasti kakimu terasa sakit bahak luka. Memang harga sepatu yang kualitas nya bagus harganya pun tinggi, namun apa salahnya jika kamu beli sepatu tersebut karena demi kenyamanan. Keluar uang sekitar Rp. 700.000,- bahkan satu juta lebih pun tak apa-apa.

Saya sendiri, kemanapun perginya selalu menggunakan sandal gunung. Selain harganya lebih murah dari harga sepatu, sandal ini pun kuat dan nyaman digunakan. Harga sandal yang saya beli sekitar Rp. 175.000,-. Jadi masih masuk kantong kan harganya. Lain cerita jika saya ingin hiking, saya pasti mengusahakan untuk beli sepatu khusus hiking. Berhubung saya lebih suka pantai dan pulau, menggunakan sandal pun tak jadi masalah.

Jadi sudah tahu kan apa saja perlengkapan yang wajib dibawa saat traveling? Sebaiknya kamu membawa perlengkapan traveling seperti tas carrier, tas kecil, universal adaptor, powerbank, handuk microfiber, dry bag, dan sepatu/sandal yang kuat dan nyaman. Jika ingin traveling tapi belum punya dari perlengkapan tersebut, alternatif nya bisa pinjam ke teman atau siapapun, asalkan dipinjami oleh pemiliknya ya. Namun, alangkah baiknya kamu juga mulai nyicil untuk membeli perlengkapan traveling nya, agar traveling mu lebih menyenangkan tanpa harus memikirkan pinjam dan mengembalikannya lagi. Jadi, kamu sudah siap traveling?