Tips Hemat Biaya Makan Selama Traveling

Budi Setiadi – Pernah gak sih saat membuat rencana pergi liburan tapi masih mikir-mikir masalah budgetnya? Sudah tahu mau kemana dan hitung-hitung biaya travelingnya ternyata mahal, apalagi ditambah biaya makan. Oleh karena itu yuk cari tahu tips hemat biaya makan selama traveling.

Hal yang paling sensitif dalam menyusun agenda adalah masalah budget. Setiap orang memiliki dana yang berbeda-beda, oleh karena itu kamu perlu memikirkan mengenai masalah ini beserta solusinya. Tapi bagi traveler yang sudah terbiasa berpergian, biasanya sudah tahu cara menghemat biaya makan saat traveling. Jadi tidak terlalu khawatir mengenai hal tersebut.

Setiap traveler, ketika mengunjungi suatu tempat tidak sekedar jalan-jalan saja, tapi sekalian kulineran juga untuk menyicipi makanan khas daerah tersebut. Tujuannya yaitu agar bisa lebih mengenal apa saja khas dari daerah itu. Bahkan lebih sering membeli lebih banyak karena untuk oleh-oleh. Tak ada salahnya kok membeli banyak seperti itu, tapi perlu memperhatikan budgetnya juga ya. Kamu bisa coba tips berikut agar bisa menghemat biaya makan saat traveling.

1. Atur Jadwal Makan Dengan Baik

atur waktu makan saat traveling

Hal yang sering dilakukan oleh para traveler adalah mengabaikan jadwal makan, dikarenakan jadwal travelingnya sangat padat. Hal ini dapat menimbulkan resiko, seperti gangguan kesehatan. Dan yang paling ditakutkan adalah sakit disaat sedang liburan. Selain itu, tidak membuat jadwal makan dengan baik artinya kamu juga tidak bisa mengontrol pengeluaran dengan baik.

Pengeluaranmu bisa saja membengkak karena tidak teraturnya makan dengan tepat waktu. Mungkin saja kamu bisa lebih banyak jajan dan ngemil saat traveling, apalagi sampai jajan di tempat wisata yang kamu kinjungi. Biasanya jajanan di tempat wisata cukup menggoda dan harganya lebih mahal daripada biasanya.

Aturlah waktu makanmu sebaik mungkin ketika traveling, seperti jadwal sarapan, makan siang, dan makan malam. Alangkah lebih baiknya lagi, jika kamu bisa mengatur dan memilih tempat makanan yang tidak terlalu mewah. Pilihlah tempat yang enak dan bersih, serta pilih yang aman dan nyaman di kantong.

2. Tentukan Budget khusus Untuk Makanan

cara hemat biaya makan saat traveling

Selain mengatur jadwal makan, mengatur budget untuk makanan penting juga. Tujuannya agar pengeluaran saat traveling bisa dipantau dengan baik. Walaupun harganya belum tentu sesuai, namun kamu bisa memperkirakan harga makanan di sana sebelum traveling atau saat tiba di sana dengan bertanya ke penduduk lokal.

Hindari makan diluar perhitungan budget yag sudah kamu tentukan, apalagi memilih makanan dengan harga yang sangat mahal. Hal tersebut bisa membuat pengeluaranmu tak terkendali dan membengkak. Anggap saja liburanmu masih lama, agar benar-benar bisa menghemat.

Aturlah budget makan dengan tepat, misalnya dengan memperhitungkan budget makan selama satu hari dan setiap satu kali makannya. Dengan cara ini, kamu bisa mengontrol pengeluaran di setiap tempat makan yang kamu singgahi. Harus bisa menahan diri untuk tidak memaksakan makan di tempat yang mewah  dan mahal. Ada baiknya, memilih tempat makan yang nyaman dan harganya masih terjangkau.

3. Pintar Memilih Tempat Makan

pilih tempat makan tips hemat biaya makan saat traveling

Ketika traveling, makanan adalah salah satu yang tidak bisa ditinggalkan untuk dinikmati. Berbagai menu makanan khas atau favorit yang tersedia bisa kamu cicipi di sana. Tapi harus bijak dan pintar untuk memilik tempat makannya. Jangan coba-coba masuk ke sebuah restoran jika belum tahu informasi mengenai restoran tersebut.

Carilah tempat makan yang memiliki menu menarik dengan harga yang masih terjangkau dan pilih menu yang rasanya enak. Apalagi rasanya tidak kalah dengan masakan restoran. Inilah yang harus kamu cicipi. Untuk mendapatkan indormasi tersebut, kamu bisa bertanya ke penduduk local, di mana tempa makan yang enak dengan harga yang terjangkau.

4. Hindari Makan Di Restoran Hotel

tips hemat budget makan saat traveling

Sewaktu traveling, alangkah baiknya kamu menghindari makan di restoran hotel, karena biasanya harga makanan di sana bisa dibilang lebih mahal dibandingkan dengan restoran di luar. Umumnya, restoran-restoran di hotel memberikan harga yang sangat tinggi di setiap menunya. Oleh karena itu, memilih makan di restoran luar hotel merupakan pilihan baik untuk menghemat budget makan saat traveling.

Jika ingin lebih hemat lagi, makan di food street adalah pilihan terbaik, karena kamu akan menemukan pilihan makanan yang beragam jenis dan harga makanannya lebih murah dan irit di kantong. Hilangkan gengsimu untuk makan di tempat ini, karena kebanyakan traveler lainnya pun biasa memilih makan di tempat seperti ini.

5. Manfaatkan Voucher Diskon

voucher diskon restoran hotel

Sebelum traveling, ada baiknya kamu berburu voucher diskon makan. Mulailah cari informasi tentang diskon makan di restoran, agar ketika kamu traveling bisa makan di restoran dengan potongan harga dari voucher yang kamu miliki. Syukur-syukur dapet voucher makan gratis.

Keuntungan lainnya adalah kamu mempunyai pengalaman makan di restoran dengan harga murah. Dan juga bisa jadi cerita bagaimana tips hemat biaya makan saat traveling untuk kamu bagikan kepada teman, sahabat, keluarga, dan lainnya. Pengalaman yang seru bukan?

6. Cek Harga Sebelum Makan

tips hemat biaya makan saat traveling

Ketika memilih tempat makan yang katanya terkenal murah, ada baiknya kamu perlu mengeck harganya lagi, karena belum tentu semuanya atau hanya ada sebagian yang murahnya. Jika perlu tanyakan kembali kepada pelayan tempat makan tersebut mengenai harganya, siapa tahu harganya sudah beruba (tidak update). Hal ini hanya untuk memastikan harganya saja agar sesuai dengan kantongmu.

Perbedaan tempat makan juga perlu diperhatikan, karena harga di tempat makan satu dengan yang lainnya bisa saja berbeda walaupun menu nya sama. Ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih tempat agar paengerluaranmu tidak berlebihan atau over budget.

7. Pilih Menu Dengan Harga Yang Masuk Akal

tips hemat biaya budget makan saat traveling liburan 2 1024x682 - Tips Hemat Biaya Makan Selama Traveling

Ketika kamu traveling dengan mengunjungi suatu tempat, biasanya tertarik untuk menyicipi makanan khas atau favorit di sana. Hal ini sangatlah wajar, karena kamu belum pernah atau jarang mengunjungi tempatnya. Boleh saja kamu menyicipnya tapi tetap perhatikan kondisi kantongmu ya.

Pastikan ketika menyicipi makanan di sana, kamu memilih menu dengan harga yang masuk akal. Kamu bisa membandingkan harga di berbagai tempat sebagai bahan pertimbangan, sehingga kau tidak tergiur dan menghabiskan budgetmu dalam sekejap.

Itulah tips hemat biaya makan saat traveling yang saya bisa bagikan. Jadi kamu harus perhatikan jadwal makan, budget makan, pilih tempat, hindari makan di restoran hotel, manfaatkan voucher diskon, cek harga, dan pilih menu makanan yang masuk akal. Buat kamu, selamat traveling hemat. 🙂

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here