Wisata Alam Air Terjun Curug Cigumawang

101
Trip Traveling Wisata Alam Air Terjun Curug Cigumawang Padarincang Banten

Budi Setiadi – Berbicara mengenai obyek wisata alam yang ada di Banten mungkin tak akan ada habisnya. Di setiap daerah Banten memiliki obyek yang menarik. Salah satunya adalah wisata alam air terjun Curug Cigumawang yang terletak di Padarincang, Banten.

Siapa yang tak tahu air terjun Curug Cigumawang? Pada umumnya, bagi yang tahu Padarincang, pasti akan tahu curug ini. Lokasinya yang mudah di akses menjadikan obyek wisata alam ini banyak dikunjungi orang. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 40 meter. Bukan sekedar obyek wisata, air tejun Curug Cigumawang juga bisa dijadikan sebagai obyek camping, outbond, tubing, dan lainnya. Biasanya, sekolah mengadakan camping atau pramuka, lokasi ini sering dijadikan tempat acara mereka.

Baca: Sensasi Baru, Traveling Ke Pulau Burung

Rute Menuju Air Terjun Curug Cigumawang

Setelah traveling ke Bendungan Parayan Lama dan Baru, esok harinya saya melanjutkan trip ke air terjun Curug Cigumawang. Rute menuju ke sana bisa dibilang saya salah rute karena mengikuti google maps. Sudah melewati jalan yang cukup ancur dan kita lewat gunung. Tapi ada hikmahnya juga lewat sini, karena saya bisa mampir beli durian jatuhan. Durian yang baru jatuh dari pohonnya, masih ada getahnya, dan langsung disantap. Rasanya enak banget, karena masih fresh.

trip traveling ke bendungan pamarayan lama dan baru serang banten 2 1024x768 - Wisata Alam Air Terjun Curug Cigumawang
Perjalanan menuju air terjun Curug Cigumawang

Namun, sebaiknya jika mau datang ke Curug Cigumawang, kamu bisa ambil arah ke Serang Kota, lalu menuju arah Padarincang/Ciomas. Kamu gak akan tersesat kok, karena banyak petunjuk arah di sepanjang jalan. Untuk sampai di sana, dari Serang Kota sekitar 40 menit menggunakan motor. Jika menggunakan kendaraan umum, pilih angkutan umum jurusan Padarincang. Intinya menuju ke sana itu cukup mudah.

Penampakan Air Terjun Curug Cigumawang

Awalnya saya merasa kurang begitu tertarik mengunjungi tempat ini, jujur karena saya belum tahu dan belum pernah ke tempat ini. Begitu sampai di tempat parkir motor, kelihatannya tempatnya sangat menarik. Saya semakin antusias untuk menikmati keindahannya. Untuk mencapai tempatnya, kita harus jalan kaki terlebih dahulu, namun hati-hati karena jalanannya cukup licin. Setelah itu, tibalah saya di air terjun Curug Cigumawang, dan inilah keindahan alamnya:

traveling wisata alam air terjun curug cigumawang padarincang banten 2 1024x768 - Wisata Alam Air Terjun Curug Cigumawang
Penampakan air terjun Curug Cigumawang, Padarincang
traveling wisata alam air terjun curug cigumawang padarincang banten 3 1024x768 - Wisata Alam Air Terjun Curug Cigumawang
Ketika takjub melihat keindahan air terjun Curug Cigumawang

Untuk mendapatkan foto-foto sendiri tersebut, saya harus sabar karena banyak sekali orang-orang yang ingin foto. Setiap saya foto di salah satu spot, di samping saya ada yang foto lagi. Sudah bilang gantian dulu, tetap aja sibuk foto-foto. Dan akhirnya saya memilih spot ini, karena tak ada satu orang pun berfoto di sini. Namun, setelah saya foto spot tersebut jadi rebutan orang-orang. Mungkin mereka masih mencari spot foto terbaik.

traveling wisata alam air terjun curug cigumawang padarincang banten 4 1024x768 - Wisata Alam Air Terjun Curug Cigumawang
Pada akhirnya, spot ini jadi rebutan untuk berfoto

Baca: 7 Tips Traveling Murah Dan Simpel

Harga Wisata Alam Air Terjun Curug Cigumawang

Untuk wisata satu ini termasuk murah meriah, karena masih di kelola oleh masyarakat sekitar namun tetap di dukung oleh pemerintah. Untuk tempat parkir motor, saya hanya membayar Rp. 5.000,00. Lalu biaya masuk di pintu 1 Rp. 5.000,00 dan di pintu 2 membayar Rp. 5.000,00. Jadi total masuk Curug Cigumawang ini hanya Rp. 15.000,00. Cukup murah meriah kan.

Bagaimana sangat menarik bukan traveling ke air terjun Curug Cigumawang? Ada baiknya kamu datang kesini di saat musim panas atau hidari musim hujan, karena jika datang saat musim hujan jalanan menuju curugnya sangat licin. Karena jalan setapak di sana masih tanah dan berlumut. Atau mau camping di sana juga bisa, pasti lebih seru camping daripada hanya berfoto saja. Jadi kapan mau camping di air terjun Curug Cigumawang?

7 COMMENTS

  1. Salam kenal kak Budi…
    oh travel bloger kak? Pantes enak bacanya reviewnya..
    Curug = dimana-mana selalu indah karena murah meriah, tapi sensainya selalu basah2 indah…
    n_n

    • Hi Ndari, salam kenal juga ya.. Hmm lebih tepatnya travel blogger amatiran kali ya..
      Haha iya, niatnya gak basah-basahan sih tapi ujung-ujungnya tetep basah.

  2. Banyak tempat indah di Banten, tp sayangnya sarana transportasi kurang mendukung. Jalan jalannya juga banyak yang rusak.
    Semoga hal ini cepat di benahi.Sayang objek wisata se indah ini kalau tidak ditopang prasana lain.

    • Nah tau sendiri Banten itu seperti apa? yang namanya uang daerah entah kemana terbaginya?!
      lebih baik membagi dana APBD buat ke pembangunan daerah terutama wisata ya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here